Food (Makanan)

Makanan adalah zat yang bisa dikonsumsi, tapi tidak semua zat yang bisa dikonsumsi adalah makanan. Zat tersebut dikatakan makanan bila ia mengandung nutrisi yang diperlukan dan tidak membahayakan tubuh konsumennya.

Makanan diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi, terutama glukosa yang terkandung di dalam makanan. Energi dalam tubuh kita dihasilkan oleh organel sel yang bernama mitokondria, mitokondria memanfaatkan glukosa dan oksigen untuk diolah bersama ATP menjadi energi.

Nutrisi yang lainnya dimanfaatkan tubuh untuk memperkuat organ-organnya. Tanpa organ yang baik tubuh kita tidak akan mampu bekerja secara optimal meskipun energi dalam tubuh kita cukup besar.

Makanan yang berlebih dapat membahayakan bagi tubuh kita. Jika makanan dalam tubuh tidak terurai dalam jangka waktu tertentu, dia akan membusuk dan meracuni organ-organ khususnya organ pencernaan dan lebih khususnya lagi usus.

Jika didalam tubuh kita sudah terdapat suatu nutrisi (misal vit. A) yang cukup kemudian kita memberikan nutrisi itu lagi secara terus-menerus, maka salah satu organ kita (misal mata) dapat mengalami overload. Sehingga organ tersebut dapat rusak baik dari segi kinerjanya ataupun bentuknya.

 

You Might Also Like To Read :
Water (Air)
Air (Udara)
Emotion (Emosi)
Rest (Istirahat)